Judul
Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Peserta Didik Di MA Pembangunan Jakarta
Abstrak
Saat ini, media digital memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran digital dalam meningkatkan keterampilan literasi peserta didik di MA Pembangunan Jakarta dan penggunaan media pembelajaran digital terhadap keterampilan membaca dan menulis peserta didik di MA Pembangunan Jakarta. Artikel ini bertujuan untuk memberikan deskripsi mengenai penggunaan media pembelajaran digital dalam meningkatkan keterampilan literasi digital di MA Pembangunan Jakarta. Artikel ini disusun dengan pendekatan kualitatif berbasis studi lapangan dengan menggunakan wawancara dan observasi sebagai metode pengumpulan data. Data kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif berupa reduksi data, penampilan data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil telaah didapatkan gamabran bahwa media pembelajaran digital dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar peserta didik. Peserta didik menjadi lebih aktif dalam diskusi kelas, mengalami peningkatan dalam memahami teks, dan lebih terampil dalam mencari informasi secara mandiri. Secara keseluruhan, penggunaan media pembelajaran digital di MA Pembangunan Jakarta menunjukkan potensi besar untuk meningkatkan keterampilan literasi peserta didik, asalkan didukung oleh strategi yang tepat dan infrastruktur yang memadai. Temuan ini memberikan wawasan penting bagi pendidik dalam merancang kurikulum yang lebih efektif dan berbasis teknologi untuk meningkatkan literasi peserta didik.
Penulis
Sita Desi Fitri, Salma Selfiyana, Khalimatus’sadiyah, Indah Rakhmatika, Musyarofah, Nur Afifah, M. Davy Handiawan, Arditya Prayogi
Link
https://journal.institercom-edu.org/index.php/multiple/article/view/382